Selasa, 25 Maret 2014

Tentang E-book

Tentang EBOOK..

BookJaman sekarang ini memang serba digital, praktis dan mudah. Ipad yang tahun lalu bikin “heboh” industri gadget, telah cukup mempopulerkan ebook.Ipad memang dapat digunakan sebagai “pembaca” ebook;  buku “digital” yang mudah dibawa kemanapun, kapanpun, berapapun jumlahnya. Berikut kajian pustaka penulis tentang ebook, yang diringkas dari penelitian skripsi penulis.
1. Definisi Ebook
Secara harfiah, ebook berasal dari dua kata dasar bahasa Inggris, yaitu “e” (elektronik) dan “book” (buku). Ebook adalah buku cetak yang diubah ke dalam format digital melalui proses digitalisasi sehingga buku tersebut dapat ditampilkan pada komputer (Carjaval 1999) dalam Shiratuddin (2003). Pengertian serupa juga dikemukakan dalam beberapa kamus online, yaitu ditemukan bahwa ebook adalah buku yang dikonversi dalam bentuk digital, yang dapat dibaca dengan menggunakan komputer atau alat pembaca khusus (highered.mcgraw-hill.com/sites/0072407662/student_view0/glossary.html, http://www.merriam-webster.com/dictionary/ebook).
2. Format Ebook
Plain text (ascii)
Format yang paling sederhana dalam format teks biasa, atau lebih sering disebut plain text atau ascii. Format ini digunakan jika tulisan tidak memiliki gambar atau ilustrasi lain. Awalnya format ascii ini digunakan pada project guttenberg, yang bertujuan untuk mendistribusikan buku gratis. Plain text merupakan format universal.
Doc dan rtf (rich text format)
Format doc merupakan standar word processor yang digunakan di seluruh dunia. Format doc ini dapat digunakan untuk menyampaikan tulisan yang memiliki layout sederhana.. Begitu pula dengan rtf, dapat dibuka di apikasi pengolah kata mana pun, baik microsoft maupun open source.
PDF (Portable File Document)
Format pdf adalah format ebook yang paling banyak digunakan. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990 oleh perusahaan adobe acrobat. Pdf merupakan sebuah format untuk menampilkan dan mencetak dokumen serta pertukaran informasi dalam bentuk digital (http://www.adobe.com/pdf/about/history).
Markup language
Hypertext markup languange (html) muncul di dunia internet sebagai standar untuk menampilkan tulisan. Html merupakan sebuah subset dari sgml (standard generalized markup language) yang dipopulerkan oleh tim berners-lee, penemu world wide web (www). Html memiliki beberapa batasan sehingga mulailah muncul xml (extended markup language) dan bahasa lain yang berbasis xml (rahardjo, 2002).
Mobi (mobipocket)
Format yang diciptakan oleh Mobipocket ini bisa digunakan pada PC dan beberapa macam smartphone atau PDA berbasis Window.
Flipbook
Flip book adalah buku yang halamannya berkaitan melalui animasi yang dapat ditarik/dibalik, pada saat bersamaan, di setiap halaman. Saat membalik halaman dengan cepat, maka gambar terlihat bergerak. (sumber: http://animation.about.com/od/glossaryofterms/g/flipbook_def.htm)
3. Sejarah Perkembangan Ebook dan Perangkat Pembacanya

sejarah perkembangan ebook
sejarah perkembangan ebook


4. “Tempat” Ebook
beberapa situs terbaik yang menawarkan ebook adalah:
  • Amazon: Pastinya, situs belanja online populer ini menjual ebook. Tapi, kalau kita jeli, ada yang gratis, tuh.
  • Project Gutenberg: Terdapat jutaan ebook gratis, rata-rata dalam format text dan HTML. Ada juga buku-buku klasik yang terbit sebelum tahun 1923.
  • Wowio: Ebook berbagai tema dan format bisa didapatkan gratis dengan mendaftar dahulu.
  • The Internet Archive: Memuat buku-buku perpustakaan dari berbagai penjuru dunia yang dipindai dan diubah jadi berbagai format e-book, termasuk PDF. Ada 500 juta judul dan bakal terus bertambah. Semua gratis!
  • Baen Free Library: Pencinta fiksi ilmiah wajib mampir ke situs ini. Baen memiliki ebook – ebook pilihan bergenre fiksi dan fantasi yang bisa didownload dengan gratis.
  • Free-eBooks.net: Dengan sedikit kesabaran dan ketelitian, kita bisa menemukan beragam buku-buku berkualitas .
  • Web Warrior Tools: Ebook – ebook panduan mengelola email, podcasting, membuat situs, dan tema-tema sejenisnya tersedia lengkap di sini.
  • Memoware: Tersedia beragam ebook gratis dalam format beragam untuk berbagai gadget. Juga, link ke situs-situs toko buku terkemuka agar dapat belanja buku online.
  • Fictionwise: Toko buku ebook khusus genre fiksi ilmiah. Cek juga bagian free ebooks untuk mendapatkan ebook gratis dari koleksi situs ini.  sumber :http://ceritarara.wordpress.com/2012/01/09/all-about-ebook/
  • Manfaat E-Book
    Ada banyak manfaat dari E-Book, antara lain:
  • Ukuran fisik kecil, KarenaeBook memiliki format digital, dia dapat disimpan dalam penyimpan data (harddisk, CD-ROM, DVD) dalam format yang kompak. Puluhan, bahkan ratusan, buku dapat disimpan dalam sebuah DVD sehingga tidak mengambil banyak tempat (ruangan yang besar).
  • Mudah dibawa, Beberapa buku dalam format eBook dapat dibawa dengan mudah, sementara itu membawa buku dalam format cetak sangat berat.
  • Tidak lapuk, eBook tidak menjadi lapuk layaknya buku biasa. Format digital dari eBook dapat bertahan sepanjang masa dengan kualitas yang tidak berubah.
  • Mudah diproses, Isi dari eBook dapat dilacak, di-search dengan mudah dan cepat. Hal ini sangat bermanfaat bagi orang yang melakukan studi literatur.
  • Dapat dimanfaatkan oleh orang yang tidak dapat membaca, Karena format eBook dapat diproses oleh komputer, maka isi dari eBook dapat dibacakan oleh sebuah komputer dengan menggunakan text to speech synthesizer. Tentunya riset masih dibutuhkan untuk membuat teknologi pembacaan yang bagus. Selain untuk orang buta, pembacaan ini juga dapat digunakan oleh orang yang buta huruf. Selain itu peragaan juga dapat diset dengan menggunakan huruf (font) yang besar bagi orang yang sulit membaca dengan huruf kecil.
  • Penggandaan (duplikasi, copying), eBook  sangat mudah dan murah. Untuk membuat ribuan copy dari eBook dapat dilakukan dengan murah, sementara untuk mencetak ribuan buku membutuhkan biaya yang sangat mahal. (Tentunya kemudahan penggandaan ini memiliki efek ganda, yaitu mudah dibajak. Tapi ini cerita lain.)
  • Mudah didistribusikan, Pendistribusian dapat menggunakan media elektronik seperti Internet. Pengiriman  eBook dari Amerika ke Indonesia dapat dilakukan dalam orde waktu menit dan murah. Buku langsung dapat dibaca sekarang juga. Pengiriman buku secara fisik membutuhkan waktu yang lama (harian & bahkan mingguan) dan mahal. Belum lagi ada masalah buku yang hilang diperjalanan. Proses distribusi secara elektronik ini memungkinkan adanya perpustakaan elektronik dimana seseorang dapat meminjam buku melalui Internet (check out counter di Internet) dan buku akan dikembalikan setelah masa peminjaman berlalu. Perusahaan Adobe tengah percobaan ini.
  • sumber: http://nissaajah91.wordpress.com/2011/03/19/pengertian-ebook/

0 komentar:

Posting Komentar